10 Tips Membeli Laptop Bekas yang Harus Kamu Tahu - Wana Satria – Jual beli laptop makassar

10 Tips Membeli Laptop Bekas yang Harus Kamu Tahu

Oleh. Wanasatria
9 September 2021 (11:47 AM)
Bagikan

Jual beli laptop – Sebelum membeli laptop bekas, ada baiknya Anda membaca terlebih dahulu ulasan Waskom tentang Tips Membeli Laptop Bekas.

Membeli laptop bekas tidak sama halnya dengan membeli laptop baru yang notabene memiliki masa garansi yang panjang. Para penjual laptop bekas umumnya tidak memberi masa garansi yang panjang bahkan ada yang tidak memberi garansi sama sekali.

Sebelum memutuskan untuk membeli laptop bekas, maka kamu perlu memastikan bahwa laptop bekas yang Anda ingin beli bekerja dengan baik. Selain memeriksa kondisi fisik laptop bekas yang ingin Anda beli, hal lain yang harus Anda pastikan adalah aplikasi yang terinstal di laptop tersebut.

Berikut Tips Membeli Laptop Bekas yang Harus Kamu Tahu

1. Sesuaikan dengan kebutuhanmu

Hal pertama yang harus Anda perhatikan sebelum membeli laptop adalah pilih laptop yang sesuai dengan kebutuhan mu. Pahami dulu tujuan kamu ingin membeli laptop bekas diperuntukan buat apa. Cari tahu dulu spesifikasi, seperti prosesor dan RAM, yang dibutuhkan. Apabila kebutuhannya hanya untuk mengetik dan browsing, tidak perlu prosesor dan RAM yang terlalu tinggi.

2. Cek kondisi fisik laptop

Hal yang paling utama harus kamu cek dan paling mudah dilihat adalah kondisi bodi laptop bekas yang akan kamu beli. Apakah terdapat lecet atau retak di bodi laptop. Jika memang masih mulus, berarti bisa jadi pemilik sebelumnya memahami dengan baik teknik merawat laptop. Tapi, apabila di bodi laptop bekas yang akan kamu beli terdapat lecet atau penyok, kemungkinan laptop tersebut pernah mengalami benturan yang tentunya bisa berdampak pada komponen yang ada didalamnya.

3. Cek kondisi layar dan LCD

Tips Membeli Laptop Bekas

Periksa secara teliti semua bagian layar dan LCD, baik ketika dinyalakan ataupun saat dimatikan, baik saat dibuka maupun saat menutup layar. Pastikan tidak ada bintik putih atau dot pixel pada layar laptop bekas yang ingin kamu beli. Perhatikan engsel bermasalah saat digoyang-goyangkan.

4. Cek kondisi keyboard

Keyboard merupakan bagian yang paling banyak digunakan di laptop. Oleh karena itu, periksa dua bagian tersebut di laptop bekas yang mau Anda beli. pastikan semua tombol pada laptop yang ingin kamu beli berfungsi dengan baik.

5. Cek koneksi nirkabel (wireless)

Untuk mengecek wirelwess pada laptop, Anda bisa mengeceknya dengan menghubungkan laptop yang ingin dibeli dangan jaringan internet. Anda bisa menggunakan Hotspot pada smartphone untuk mengeceknya.

6. Cek Webcam

Webcam digunakan untuk melakukan video call melalui laptop. Apabila rusak, tentu saja kegiatan tersebut akan sulit dilakukan. Jadi, sebaiknya cek terlebih dahulu webcam yang ada di laptop bekas yang mau kamu beli. 

7. Cek kesehatan Harddisk

Kondisi harddisk merupakn hal yang harus kamu diperiksa. Pertama, pastikan harddisk yang digunakan sudah sesuai dengan spesifikasi dari pabrikannya. Kalau memang standarnya memakai harddisk 500GB, laptop yang akan kamu beli pun harus memiliki kapasitas yang sama.

Selanjutnya cek kesehatan harddisk tersebut. Untuk mengeceknya secara total memang perlu waktu yang lama. Tapi ada teknik cepat untuk memeriksa kondisi harddisk yaitu dengan melakukan copy-paste file menggunakan File Explorer. Usahakan file dalam kapasitas besar. Jika proses pemindahan file berlangsung cukup lama atau tidak normal, dapat menjadi indikasi bahwa kondisi harddisk telah terpapar badsector. Kamu bisa meminta ganti dengan harddisk yang lain atau mencari laptop lain.

8. Cek semua soketnya

Ada banyak soket yang terdapat pada laptop yang perlu kamu pastikan, antara lain: port flashdisk, headset, SD card, dan kabel HDMI. Selain itu, cek juga slot DVD yang bisa kamu cek dengan menggunakan kaset DVD.

9. Cek kondisi baterai dan charger

Salah satu komponen laptop yang juga harus dicek adalah kondisi baterai dan charger. Salah satu teknik mengecek situasi baterai ialah dengan memakai laptop selama beberapa menit dengan cara membuka beberapa software yang cukup berat.

Lihat level baterai laptop di awal dan setelah digunakan. Setelah dipakai selama 10-15 menit, lihat level baterai. Jika berkurang dengan cepat, bisa jadi sel baterai sudah mengalami kerusakan.

Sedangkan untuk memeriksa kondisi charger, coba kabel charger laptop ke sumber listrik. Lihat apakah proses pengisian baterai dalam kecepatan normal atau lambat. Pastikan juga kondisi kabel charger tidak terkelupas dan tidak hidup-mati sendiri ketika dipakai.

10. Cek Speaker

Tips Membeli Laptop Bekas yang terakhir adalah pastikan speaker laptop yang ingin kamu beli benar-benar normal. Kamu bisa mengeceknya dengan memutar musik atau video, kemudian dengarkan apakah suara yang dikeluarkan benar-benar jernih.

Itulah 10 Tips Membeli Laptop Bekas. Pastikan Anda juga mengetahui riwayat penjualnya. Sehingga, andai ada masalah atau kendala, Anda bisa meminta pertolongan dan pertanggung jawabannya.

jika Anda ingin konsultasi atau tanya-tanya seputar laptop dan kebutuhan laptop, kamu bisa hubungi kami melalui menu layanan chat yang tersedia di website kami yah.

Jika Anda membutuhkan layanan untuk konsultasi atau jasa perawatan laptop dan komputer. Jangan sungkan untuk selalu menghubungi kami, Wanasatria komputer Makassar.

Terakhir disunting : 3 bulan yang lalu..

Terkait


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×

×

Butuh bantuan?

×

×

Wana Satria – Jual beli laptop makassar Wana Satria – Jual beli laptop makassar

Dapatkan! Info & Produk Terbaru

melalui media sosial Wana Satria – Jual beli laptop makassar :
Subscribe    

×


×

×

Belum ada produk..
    Subtotal:

    * Belum termasuk ongkir..
    %0A%0A— — — — — — — — — — —%0A%0A — — — — — — — — — — —%0A%0ASubtotal : **%0A%0A — — — — — — — — — — —%0A%0A


    Catatan : Total harga + ongkir yang harus dibayar akan diinformasikan oleh admin Wana Satria – Jual beli laptop makassar, setelah mengirim data pesanan.

    Kirim Pesanan